Pages

Flag Counter Versi 2

free counters

Minggu, 16 Oktober 2011

Ragam manfaat tanaman pisang

Di daerah tropis, tanaman pisang mudah sekali tumbuh meskipun tanpa perawatan yang rumit. Tanaman pisang mudah sekali di temukan di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan mudah tumbuh juga di negara lain. Pisang memiliki ragam ketinggian pohon berbeda serta warna hijau daunnya membuat mata terasa sejuk ketika melihat perkebunan pisang. Di tiap kota di Indonesia pasti memiliki pisang walau berbeda jenis.
Secara alami, tanaman ini mudah tumbuh karena bereproduksi secara tunas mudah sekali berkembangbiaknya tanpa campurtangan manusia. Seluruh bagian tanaman pisang memiliki manfaat yang banyak untuk manusia. Diantaranya adalah buahnya, buah pisang dengan warna yang menarik serta memiliki rasa manis dan lembut. Keunggulan buahnya menjadikan pisang sebagai makanan favorit yang mudah ditemukan di seluruh dunia. Buahnya dapat langsung dimakan  atau dapat diolah menjadi aneka cemilan yang menggoda selera. Salah satu olahan buah pisang yang sering dikonsumsi adalah pisang goreng. 
Selain buah yang dapat diambil manfaatnya, daun pisang dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan yang aman dari bahan kimia. Selain bungkus yang aman, pemakaian daun pada olahan masakan dapat mengharumkan masakan itu sendiri serta mempercantik penampilan olahan masakan. Seperti yang kita lihat pada kue nogo sari, dalamnya buah pisang yang dibungkus tepung dan dibungkus lagi dengan daun pisang.
Dahulu pohon pisang atau  yang lebih dikenal dalam bahasa Jawa dengan gedebog cenderung dibuang menjadi sampah. Namun saat ini, gedebog dapat dibuat kreasi unik dan cantik menjadi perabotan rumah tangga. Pohon pisang bila diolah secara kreatif dapat lebih bermanfaat. Seperti gambar di bawah ini, pohon pisang dapat dibuat menjadi bahan baku kursi, meja dan frame cermin. Seratnya terlihat unik dapat mempercantik interior rumah anda.
Pemakaian pohon pisang menjadi perabot rumah tangga  membutuhkan beberapa proses dan waktu. Selah pohon ditebang, tiap bagian dibelah menjadi lembaran lembaran. Lembaran denga serat yang bagus dapat dijadikan untuk frame foto atau tempat tissue namun dikeringkan terlebih dahulu. Serat yang kurang bagus dapat langsung dikeringkan. Setelah dikeringkan serat yang kasar perlu dirapikan lalu siap dipilin atau dijadikan tambang. Proses ini langsung digulung panjang pada suatu tempat agar tambang dapat terbentuk. Tambang inilah yang menjadi bahan baku mebel, meja dan kursi. Pengaturan rangkaian tambang disesuaikan dengan yang diinginkan.
Sungguh sangat beragam tanaman  pisang. Disamping dapat dimakan, bagian pohon yang lain dapat juga dimanfaatkan. Dengan adanya kreatifitas pemanfaatan bagian pohon pisang dapat menciptakan lapangan kerja yang baru. Pisang dapat mengurangi pengangguran loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar